Back to Media
TVS APACHE RTR 180 CC SIAP MENJELAJAH 7 DANAU BESAR DI SUMATERA
4 riders Sap7aranu melintas lebih dari 8.000 km
Jakarta, 06 April 2013 – TVS Apache RTR 180 cc, varian sport unggulan produsen sepeda motor India, PT TVS Motor Company Indonesia pada 5 Mei 2013 siap menjelajah bersama tim ekspedisi Sap7aranu (baca : Saptaranu) Nusantaride Exploration.
Nama Sap7aranu ini sendiri berasal dari bahasa Tengger dari ‘Tujuh Danau’ , kemudian menjadi esensi perjalanan Sumatera yang kemudian output-nya diharapkan muncul dalam bentuk buku pariwisata dan video dokumenter. Biasanya danau terletak pada lokasi yang terpencil dengan akses yang sulit sehingga segala potensi yang juga belum banyak diketahui secara umum. Mengungkapkan potensi-potensi itulah yang jadi alasan mendasar tentang pemilihan danau sebagai obyek pengamatan utama. Sekaligus mengangkat destinasi danau agar tak kalah populer ketimbang destinasi pantai dan pegunungan. Tentunya dengan menambah aksen perjalanan dari kacamata pengendara sepeda motor.
Melintasi 7 (sapta) danau (ranu) besar di Pulau Sumatera seperti Danau Ranau, D.Maninjau, D.Singkarak, D.Diateh Dibawah, D.Kerinci, D.Toba hingga D. Laut Tawar. Ekspedisi ini digagas oleh Riza Amrullah beserta 3 bikers lainnya Andry Berlianto, YE ‘Rere’ Theorandaru dan Andre Prihard.
 
Mengambil garis start dari Jakarta pada 5 Mei 2013, jarak yang akan dilintasi 8,000 km selama 50 hari perjalanan di Pulau Sumatera. Dengan mengendarai 4 unit TVS Apache RTR 180 cc, tim ekspedisi akan melintasi berbagai medan jalanan yang beragam selama perjalanan ekspedisi. Ketangguhan sport unggulan motor India ini akan dibuktikan dapat melalui berbagai kondisi jalanan, termasuk melalui lokasi terpencil dengan kondisi jalan yang kurang baik dan sulit.
PT TVS Motor Company Indonesia menyambut baik ide tim Sap7aranu Nusantaride Exploration ini karena memiliki kesamaan visi dalam mengekspos keindahan dan potensi alam Indonesia. Dimana bisnis kami di Indonesia juga akan merambah jaringan di seluruh Indonesia, hingga ke pelosok-pelosok daerah. Selain itu, menjadi ajang pembuktian bahwa sepeda motor TVS, khususnya TVS Apache RTR adalah sepeda motor yang tangguh dan kuat untuk kondisi jalanan di Indonesia. Ditambah dengan kapasitas tangki bensin 16 liter yang terbesar di kelasnya dan irit bahan bakar,” ujar Herry Budijanto Dragono, Chief Marketing Officer PT TVS Motor Company Indonesia.
“TVS Apache RTR 180 cc adalah varian sport bertenaga yang memiliki beragam fitur hi-tech. Beberapa pengakuan dari media ternama Indonesia seperti Best Sport Otomotif Award 2013 dan Best Sport Touring IMOTY 2012 lalu semakin mengukuhkan bahwa TVS Apache RTR patut pilihan konsumen Indonesia yang menyukai performa, handling dan fitur hi-tech,” tambahnya.
 
“TVS Apache RTR 180 cc sangat mewakili varian sport yang digunakan untuk turing bagi kebanyakan para bikers. Varian sport ini mumpuni untuk dikendarai di jalan raya maupun jalanan menuju lokasi terpencil, dengan kontur jalan tanjakan dan bebatuan. Dan TVS Apache RTR mudah dimodifikasi untuk keperluan turing bagi para bikers, walaupun cukup dengan modifikasi yang minim,” ujar Riza Amrullah,team leader Sap7aranu Nusantaride Exploration.
TVS Apache RTR 180 cc dengan teknologi RTR Engine, memberikan akselerasi yang responsif, berdaya tahan kuat sehingga siap dikendarai dalam kondisi apapun. Dan menggunakan Monotube Inverted Gas Filled Shock (MIG) memberikan kenyamanan berkendara walaupun jalanan bergelombang dan handling yang lebih mantap.
Dapur pacu berkarakter over square-nya mampu menghasilkan daya kuda 17,03 dk dan torsi 15,5 N-m. Untuk menggapai jarak 0-60 km/jam hanya butuh waktu 4,2 detik. Tampilan digital speedometer yang futuristik dan informatif. Display berwarna nocturnal-blue yang nyaman di mata, sehingga, mudah dipantau dan aman untuk pengendaranya. Tak ketinggalan, spidometernya juga sudah dilengkapi teknologi countdown-on-ignition, jam, indikator bahan bakar dan waktu pengingat servis. Juga pengendara bisa mencatat jarak jelajah (trip meter), akselerasi dan waktu tempuh (top speed) bersama TVS Apache RTR-nya.
Memiliki desain Beast Inspired Head Lamp dengan lampu LED lebih terang dan stylish dipadu dengan Automatic Headlamp On (AHO) untuk keamanan berkendara. TVS Apache tampil dengan desain tangki dan air scoope yang agresif, dirancang untuk meminimalisir hambatan angin dan secara spektakuler mampu menurunkan panas mesin sampai 10 derajat. Memiliki kapasitas tangki bensin yang besar, yakni 16 liter memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendaranya.
TVS Apache RTR 180 cc dibanderol dengan harga kompetitif dibandingkan dengan varian sport lainnya Rp 18.100.000,- OTR Jadetabek.
Selain TVS Motor sebagai brand pendukung ekspedisi Sap7aranu Nusantara Lakexploration ini, brand pendukung lainnya adalah yakni Respiro, Sinnob, 7Gear dan Eiger Adventure.
©Copyrights TVS Motor Company Indonesia 2018 | All rights reserved | Privacy Policy